10 Dewa Yang Dianggap Ada Dalam Mitos Yunani

Di mitologi Yunani kuno, ada sangat banyak dewa-dewi yang miliki kemampuan yang berlainan. Oleh orang Yunani dahulu kala, mereka menyembah beberapa dewa serta dewi ini supaya dikasihkan kesehatan, kemakmuran, dan dijauhi dari petaka. Dewa-dewi ini miliki tingkatan kemampuan yang tidak serupa. Penasarankah kalian siapa dewa atau dewi terkuat dalam mitologi Yunani? Inilah mereka.

10. Hephaestus

Biarpun ada di posisi sangat bawah, Hephasteus ialah dewa Yunani kuno yang begitu disukai banyak orang. Peranannya juga gak dapat dipandang remeh. Dijuluki jadi dewa api, kejadian Hepahasteus di kisahkan oleh Homer serta Hesiod. Oleh Homer. Hephasteus dideskripsikan jadi figur dewa yang pincang, anak dari Zeus serta Hera.

Vs tidak serupa di ceritakan oleh Hesiod, olehnya, Hephasteus dibuang dari Gunung Olympus dari ibunya, Hera. Hera buang Hephasteus dipicu kecacatan yang dia alami. Hephasteus sempat ikut serta pertengkaran pada Hera serta Zeus yang selanjutnya dia dibuang oleh Zeus ke Bumi. Saat Hephasteus tinggal di Bumi, dia berubah menjadi tukang yang andal. Hephasteus membuat beberapa senjata untuk dewa serta dewi di Olympus.

9. Cronos

Sebelum Zeus berkuasa, Cronos ialah dewa pemimpin dari semua dewa serta dewi Yunani. Gak cuma kuat, Cronos serta dewa yang lain pada kala yang sama, miliki ukuran yang gemilang besar. Cronos sukses memperlihatkan diri jadi dewa terkuat serta berubah menjadi pemimpin beberapa dewa dengan menaklukkan ayahnya, Uranus.

Saat berubah menjadi pemimpin beberapa dewa, Cronos menyuruh dengan begitu kejam, bahkan juga pada anak-anaknya sendiri, Zeus, Poseidonm serta Aphrodite. Supaya tiada dewa yang menentang, Cronos menelan semua anaknya. Ibunya, Gaia, serta istrinya, Rhea, sukses selamatkan Zeus yang selanjutnya Zeus berhadapan menantang Cronos serta menang. Cronos selanjutnya dipenjara di Tartarus.

8. Ares

Nama Ares sudah benar-benar seringkali didengar, dia di kisahkan jadi dewa penyuka peperangan. Tiap-tiap perang yang dia lakui tentu berakhir dengan kemenangan. Ya, wajar mengingat dianya ialah salah satunya dewa terkuat yang ada pada keyakinan warga Yunani pada dahulu kala. Lantas, seperti apakah kejadian beda dari Ares Si Dewa Perang?

Ares adalah dewa yang lahir dari pertalian Zeus serta Hera. Ares begitu kuat serta keji, dia begitu senang dengan pertumpahan darah. Dia gak peduli perang untuk keadilan serta bertahan. Ini membuat ayahnya, Zeus, sedih serta geram. Perlu tahu, biarpun Ares termasuk juga dewa yang kuat, dia tidak demikian disembah oleh beberapa orang.

7. Nike

Apakah kalian pecinta sepatu bermerk Nike? Tahu tidak, nyata-nyatanya di mitologi Yunani, sungguh-sungguh ada dewi yang bernama Nike? Menurut mitologi Yunani, Nike ialah dewi yang melambangkan kecepatan serta kemampuan. Bisa saja perusahaan sepatu Nike di inspirasi dengan Dewi Nike di Yunani?

Apabila warga Yunani inginkan kemampuan, jadi Nike ialah dewi yang akan mereka sembah. Patung Dewi Nike sering nampak ada di samping Zeus. Menurut narasi, Nike ialah salah satunya dewi yang ikut menopang Zeus untuk menaklukkan beberapa Titans. Nike tetap dilambangkang jadi dewi yang tetap membawa karangan bunga yang selanjutnya akan dikasihkan pada sang pemenang.

6. Apollo

Di mitologi Yunani, Apollo ialah saudara kembar dari Artemis, dewi kesucian. Apollo sendiri adalah dewa semua segi. Apollo ialah anak dari hasil pertalian Zeus dengan Leto yang tinggal di Pulau Delos. Pulau Delos diketahui jadi pulau tempat pelarian dari mereka yang menghindar dari Hera.

Saat Apollo lahir, dia diantisipasi akan membawa kemakmuran buat Pulau Delos serta seisinya. Jadi dewa musik serta semua segi, Apollo dideskripsikan jadi dewa yang tetap menggenggam kecapi. Apollo miliki potensi memanah yang begitu bagus. Dimanapun dia pergi, Apollo nampak membawa busuh silver. Apollo dimaksud pula sebagai dewa penyembuh, namun kalau dia geram, Apollo dapat menghadirkan kematian dengan panahnya.

5. Dionysus

Ada sangat banyak dewa pada dahulu kala, satu diantaranya yang populer ialah Dionysus. Demikian simpel menebak mengapa Dionysus dapat demikian populer. Dia adalah dewa pesta, kesenangan, serta anggur. Di mana ada pesta, disitulah Dionysus. Dia begitu populer tidak sekedar di kelompok dewa, namun manusia juga.

Gak seperti dewa umumnya yang berdarah dewa murni, Dionysus ialah 1/2 dewa serta 1/2 manusia. Ayahnya ialah sang dewa petir, Zeus, serta ibunya ialah manusia biasa, Semele. Lantaran pertalian asmara Zeus serta Semele gak digemari oleh Hera, Dionysus disembunyikan di Gunung oleh beberapa Nymph (arti peri atau bidadari di mitologi Yunani) supaya Hera gak menyakitinya.

4. Prometheus

Adalah salah satunya dewa Yunani yang populer pada beberapa Titans. Prometheus miliki tingkat ketenaran yang tambah tinggi di mata beberapa manusia daripada beberapa dewa. Ayahnya ialah Titans, Lapetus, serta ibunya ada oceanid atau peri laut. Prometheus miliki kemampuan untuk menyaksikan hari depan. Potensi ini membuat dapat menopang menjadi pemenang perlawanan pada Titans serta dewa-dewa di Olympus.

Prometheus memperoleh perintah untuk membuat manusia dari lempung (jawa). Sekali perintah itu dilakukan, Prometheus berubah menjadi tertarik pada manusia. Dia tetap mengkuatirkan nasib manusia serta pingin manusia memperoleh hidup yang lebih baik dari mulanya. Zeus menghukum Prometheus lantaran dia mengambil api yang Zeus mengambil dari manusia yang selanjutnya dia kasih kembali lagi manusia. Prometheus diikat dalam sesuatu batu supaya tubuhnya dapat dikonsumsi oleh elang. Lantaran Prometheus gak dapat mati, dia kembali sembuh seperti sebelumnya. Prometheus selanjutnya dilepaskan oleh Hercules.

3. Hades

Di banyak vs narasi, Hades dideskripsikan jadi dewa penguasa alam baka yang kejam. Namun, ada vs yang menuturkan beda. Hades dideskripsikan jadi dewa penguasa alam baka yang adil. Gak dikit warga Yunani yang yakin kalau Hades ialah simbol kematian, yang membuatnya jadi dewa yang jahat.

Deskripsi jahat yang sejauh ini memutari Hades, gak seutuhnya benar. Malahan 3 dewa beda adalah Minos, Aiakos, serta Rhadamanthys yang bekerja untuk menghukum jiwa-jiwa manusia yang masuk ke alam baka. Tidak baik serta tidak pun jahat, Hades pernah menipu Persephone, dewi yang dia kasihi supaya pergi serta berada pada dunia alam baka, menemaninya.

2. Poseidon

Dengan Zeus serta Hades, ke-tiga dewa ini berubah menjadi 3 dewa sangat kuat yang berada pada mitologi Yunani. Sebelum berkuasa atas laut, Zeus, Poseidon, serta Hades mengerjakan undian. Undian itu ialah, dewa manakah yang memiliki hak berkuasa di mana. Serta akhirnya ialah, Zeus berkuasa di darat, Poseidon di laut, serta Hades di alam baka.

Poseidon kuasai lautan dengan istrinya, Amphitrite, serta sejumlah dewa beda seperti Triton serta Nereid. Poseidon semakin banyak disembah oleh beberapa nelayan serta pelaut. Dengan bersenjatakan trident, Poseidon miliki kemampuan untuk membuat tsunami serta gempa bumi. Dengan tsunami yang dia buat, Poseidon dapat dengan simpel merusak suatu desa.

1. Zeus

Serta selanjutnya, dewa terkuat, dewa pemimpin semua dewa, dewa sangat dihormati oleh dewa serta manusia, sekaligus juga dewa penguasa Gunung Olypmus, dialah Zeus, sang dewa petir. Seperti yang telah di ceritakan awal mulanya, saat Cronos berkuasa di Olympus dengan kejam, Zeus lah dewa yang sukses menaklukkan Cronos serta menyegelnya di Tartar.

Zeus menikah dengan Hera, dewi dari beberapa dewi. Kecuali Hera, Zeus pun miliki beberapa affair denagn dewi beda serta wanita biasa. Dari pertalian di luar pernikahannya dengan Hera, Zeus membuahkan banyak anak. Zeus miliki kuasa di beberapa alam serta miliki senjata andalan petir. Zeus miliki satu karakter tidak baik ialah, simpel emosi. Apabila ada yang memprovokasinya, Zeus gak segan-segan menggebuk siapa saja dengan petir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *