Alat Transportasi kuno ini menjadi fakta keunikan Indonesia.

Indonesia sebuah negara yang tak terukur keberagaman dan aset budaya nya, beranjak oleh tarian, adat istiadat, lagu-lagu khaskawasan, makanan, spot wisata, dan bukan hanya alat angkut di Indonesia. setiap anggota memiliki keunikan nya sendiri-sendiri dan benar-benar adalah original oleh Indonesia. Alat angkut tradisional dan khas Indonesia benar-benar tidak sebagus dan secanggih alat angkut di mancanegara, namun harkat yang amat benilai dan penting karena meramaikan dan memperbanyak peninggalan budaya Indonesia. Begitu khasnya alat angkut tradisional ini ramai dubuat benda-benda hiasan dan miniatur untuk memperindah ruangan atau untuk korpus sang hiburan pribumi atau mancanegara.

Delman

USEP USMAN NASRULLOH/”PR”SEJUMLAH anak naik delman berkeliling saat ngabuburit di Jln. Rangga Kencana, Mekarwangi, Kota Bandung, Kamis (8/6/2017). Ngabuburit dengan membayar Rp 2.000 untuk naik delman satu putaran menjadi kesenangan bagi anak-anak pada Ramadan.*

Alat angkut kuno asli Indonesia yang sudah banyak dikenal yaitu delman nih, Pemirsa. telah pasti kamu semua tahu kan bagaimana model delman? Buat yang tidak tahu, delman itu yaitu kereta yang terdiri dari kayu, dengan dua roda, tiga ban atau empat roda yang terdapat di samping kiri dan kanan nya , dan satu kuda yang sebagai mesin penggerak nya. Delman ini sebenarnya begitu persis dengan kereta emas, tapi perbedaannya, penumpang oleh delman ini duduk saling berhadapan. Ciri khas lain oleh delman merupakan sebutannya. Pasti Pemirsa yang sudah pernah main ke wilayah Bandung atau Yogyakarta mengerti perbedaannya. Iya, sebutan delman di bermacam kawasan itu berbeda, di Bandung disebut sado, di Yogyakarta dikenal andong, di Lombok dikenal cidomo dan di Padang disebut bendi.

Becak

Becak merupakan alat transportasi lama yang menggunakan sumber daya orang. Bentuk oleh becak hampir sama bersama sepeda, tapi becak memiliki tiga roda, yaitu dua ban di depan dan satu ban di belakang. joki becak stay di belakang atau disamping dan becak sanggup menampung 2 (dua) orang penumpang. Becak ini memang mempunyai baik dan buruk nih, Pemirsa, di golongan penduduk Indonesia. Daerah dengan jumlah pengangguran yang tinggi akan bersama mudah sebagai pengemudi becak dan semakin ramai becak yang ada, lalu lintas di jalan akan semakin ruet lantaran memang laju oleh becak termasuk lamban dan bukan secepat kendaraan bermotor layaknya motor dan mobil. Tapi, becak memiliki keunggulan karena tidak menyebabkan atau mengeluarkan polusi udara, tidak mempunyai suara bising dan mampu menarik wan mancanegara.

Sepeda Onthel

Sepeda onthel merupakan alat angkut bersama menggunakan sumber daya orang. Dulu terdapat tahun 1970-an, sepeda onthel yaitu transportasi umum yang sering dipakai oleh masyarakat Indonesia, namun seiring dengan perkembangan jaman sepeda onthel beranjak digantikan dengan transportasi bermotor. Keberadaan sepeda onthel sebetulnya bukan 100% hilang, karena selain adanya ojek sepeda memakai sepeda onthel, ada ramai juga komunitas pecinta sepeda onthel yang menambah kembali kehidupan sepeda onthel.

Klotok

Berbeda dengan transportasi di Pulau Jawa dan Sumatera yang mengadopsi alat transportasi darat, di Kalimantan Tengah, masyarakat di sana harus memakai perahu klotok untuk alat angkut. Perahu klotok merupakan angkut sungai yang terbuat dari kayu dan mengadopsi sumber daya mesin solar yang bisa menampung kurang lebih 5 sampai 30 orang tergantung besar kecilnya perahu klotok itu sendiri. Perahu ini mengeluarkan suara “tok tok tok” yang membuat nama dari perahu ini sebagai perahu klotok. Tidak hanya terdapat di Kalimantan Tengah, tapi klotok benar-benar banyak ditemukan di Pulau Kalimantan.

Bentor

Alat angkut lain yang juga ciri Indonesia merupakan bentor. Bentor adalah singkatan oleh becak motor, perbedaannya jika becak original mengadopsi tenaga manusia untuk menjalankan becak, bentor menggunakan tenaga alat sehingga pengemudi bukan perlu menggoes sepeda/becak itu sendiri. Sumatera Utara yaitu salah satu Provinsi yang begitu terkenal dan masih menggunakan transportasi bentor, tapi ternyata bukan hanya di Sumatera Utara tapi bentor pun terdapat di Gorontalo dan juga pemukiman di Makassar. joki bentor di Sumatera Utara berada di samping bentor atau duduk di sebelah penumpang, kalau di Pulau Sulawesi joki bentor berada di belakang sama seperti becak tradisional yang bukan menggunakan mesin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *