Nilai Edukasi dari Biografi Andrew Jackson

Amerika Serikat selalu mencetak nama-nama pemimpin yang masih termaktub dalam lingkar sejarahnya. Salah satu pemimpin tersebut adalah Andrew Jackson, sebagai presiden Amerika ke-7. Beberapa keberhasilannya pun tertulis dalam biografi Andrew Jackson.

Presiden yang bercita-cita jadi guru ini tidak mudah menyerah untuk merealisasikan visinya. Prinsip pemerintahannya yang berpegang pada demokrasi menjadikannya dikenal banyak masyarakat. Anda pun bisa meneladani beberapa nilai edukasinya yang berdasarkan uraian di bawah ini.

Kelahiran Andrew Jackson

Image Source: si-cdn.com

Andrew Jackson lahir pada tanggal 15 Maret 1767 di Lancaster Country, California Selatan. Ia lahir dari Ibu bernama Elizabeth Hutchinson Jackson. Ayahnya meninggal dunia tepat dua minggu sebelum kelahirannya.

Mantan presiden ini sudah yatim sejak lahir. Ia diasuh oleh ibunya yang sekaligus tinggal dengan iparnya. Ibunya sendiri meninggal dunia karena demam saat bekerja menjadi juru rawat sukarela untuk tawanan tentara Inggris, yaitu penduduk Amerika.

Pendidikan Andrew Jackson

Meskipun berasal dari keluarga sederhana dan tidak memiliki peluang besar dalam sekolah. Ia selalu gemar membaca banyak buku. Pertama-tama, Andrew Jackson berniat menjadi guru, lalu ia mempelajari hukum saat berusia 17 tahun. Pembelajaran tersebut bukan melalui sekolah, melainkan dari kantor pengacara.

Selanjutnya, ia memperoleh surat izin untuk membuka usaha di bidang hukum, lalu pindah ke Tennessee. Saat pindah, ia ditugaskan mewakili negara bagian Tennese di Kongres Amerika Serikat. Nilai edukasi yang bisa dipelajari dari biografi Andrew Jackson adalah kegigihannya.

Karir Andrew Jackson

Karir menjadi daya pikat dari biografi Andrew Jackson untuk dipelajari. Ia disebut sebagai mayor Jenderal yang cakap saat tergabung dalam Tentara Milisi Tennesse pada tahun 1804. Dua tahun setelahnya, ia memutuskan untuk pindah pekerjaan menjadi jaksa di Mahkamah Tinggi Tennessee.

Meskipun berprofesi sebagai jaksa, ia tetap mendedikasikan diri pada jabatan militernya. Keahliannya sebagai militer cakap mampu membawanya menuju kemenangan atas peperangan Amerika dengan Inggris. Ia menjadi terkenal di negaranya dan disebut sebagai kekuatan politik.

Kegagalannya untuk menjadi presiden tidak membuatnya putus asa. Ia kemudian mencobanya lagi dan berhasil disahkan menjadi presiden setelah empat tahun, tepatnya tahun 1829. Saat menjabat, ia juga ditemani John Caldwell Calhoun dan Martin Van Buren yang menjabat sebagai wakil presiden.

Keluarga Andrew Jackson

Andrew Jackson menikah dengan Rachel Donelson Robards Jackson. Istrinya lahir pada tanggal 15 Juni 1767. Keduanya tinggal bersama di tempat tinggal mereka yang berlokasi di The Hermitage.

Menjalin pernikahan dengan Rachel Donelson, ia tidak diberikan keturunan. Lantas, ia mengadopsi anak saudara istrinya dan diberi nama Andrew Jackson Jr. Rachel Donelson sendiri wafat sebelum pelantikannya, yaitu tahun 1829. Istrinya juga tidak menjabat sebagai ibu negara.

Kontribusi Andrew Jackson untuk Bangsa Amerika

Selama menjadi presiden, Andrew Jackson masuk sebagai anggota partai Demokrat. Ia tetap berpegang teguh pada prinsip yang tercetus dalam jiwanya, yaitu “berikan pemerintahan kepada rakyat”. Selain itu, ada beberapa bentuk kontribusi yang membuat rakyat menaruh kepercayaan padanya.

  1. Hak-hak negara didukung
  2. Melaksanakan perluasan perbudakan ke wilayah barat Barat baru
  3. Melakukan protes terhadap partai Whig dan kongres dalam polarisasi isu, contohnya Bank AS

Itulah beberapa nilai edukasi yang bisa diteladani dari biografi Andrew Jackson, sang mantan presiden Amerika Serikat ke tujuh. Semoga bisa menjadi alat motivasi bagi Anda untuk lebih semangat memperbaiki diri dan menjadi pemimpin yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *