Biografi Grover Cleaveland, Salah Satu Presiden Amerika Serikat Paling Dicintai Rakyat 

Bagi penggemar sejarah Amerika Serikat, biografi Glover Cleaveland tidak boleh dilewatkan. Pria ini adalah presiden ke-22 dan ke-24 Amerika Serikat. Ia mencetak sejarah sebagai satu-satunya politikus yang berhasil menjabat sebagai presiden di AS dua kali namun tidak berturut-turut.

Sang presiden semasa pemerintahannya terkenal dengan sifatnya yang jujur dan berani, meski hal ini kemudian membuat banyak saingan di dunia politik AS yang benci padanya. Ingin mengetahui lebih lanjut tentang presiden yang sangat dicintai rakyatnya ini? Simak biografinya di bawah ini.

Masa Kecil Grover Cleaveland

Image Source: historyonthenet.com

Grover Cleaveland lahir dengan nama lengkap Stephen Grover Cleaveland. Ia lahir pada tanggal 18 Maret 1837 di Caldwell, New Jersey. Ia merupakan anak ke lima dari sembilan bersaudara. Ayahnya bekerja sebagai pegawai pemerintahan sedangkan ibunya adalah ibu rumah tangga.

Masa kecilnya dihabiskan dengan menemani ayahnya bekerja. Ia tertarik dengan dunia politik sejak usia dini karena memperhatikan ayahnya saat bekerja. Karena hal inilah ia kemudian terjun ke dunia politik hingga akhirnya menjadi presiden AS.

Pendidikan Grover Cleaveland

Tak lengkap rasanya membahas biografi Grover Cleaveland jika tidak menyertakan riwayat pendidikannya. Presiden yang kerap dijuluki dengan nama “Big Steve” ini memulai pendidikannya di sekolah lokal di daerahnya.

Setelah lulus, ia ingin melanjutkan kuliah, namun karena banyak halangan, termasuk biaya dan kondisi politik di AS yang saat itu tengah perang saudara, ia tidak kuliah namun melakukan studi di bidang hukum secara intens.

Karir Politik Grover Cleaveland

Karena sudah mahir dalam ilmu politik dan juga ilmu pemerintahan, presiden yang sedang dipanggil dengan julukan “Uncle Jumbo” ini mulai terjun ke dunia politik. Ia merintis karir politik benar-benar dari bawah, dimulai dari posisi sheriff atau kepala polisi.

Karirnya cukup bagus karena ia memiliki sifat jujur dan gigih. Puncak karirnya tentu saja terjadi saat ini sukses menjadi presiden AS ke-22. Setelah masa jabatannya habis, ia mencalonkan diri kembali, tapi gagal. Namun, 4 tahun kemudian, ia berhasil kembali jadi presiden karena menang pemilu.

Karir politik Grover Cleaveland selengkapnya adalah:

  1. Kepala Polisi (Sheriff) di Erie County, New York (1 January 1871 sd. 31 Desember 1873)
  2. Walikota Buffalo, New York (2 January 1882 sd. 20 November 1882)
  3. Gubernur New York (1 January 1883 sd. 6 Januari 1885)
  4. Presiden Amerika Serikat (4 Maret 1885 sd. 4 Maret 4 1889, 4 Maret 1893 sd. 4 Maret 4 1897)

Kehidupan Pribadi Grover Cleaveland

Selain menjadi presiden yang dicintai rakyat, Uncle Jumbo juga termasuk pribadi yang unik. Pada saat menjabat sebagai presiden, ia masih bujang. Ketika ia bertemu dengan Frances Folson dan jatuh cinta, ia memutuskan untuk menikahinya langsung di Gedung Putih atau di kantor presiden AS.

Hingga saat ini ia adalah satu-satunya presiden AS yang pernah menikah di Gedung Putih. Grover dan Frances Cleaveland memiliki lima orang anak, tiga perempuan: Ruth, Esther, dan Marion, dan dua laki-laki: Richard dan Francis.

Akhir Hayat Grover Cleaveland

Biografi Grover Cleaveland ini akan ditutup dengan menjelaskan akhir hayat sang presiden. Grover Cleaveland menderita berbagai penyakit yang konon katanya disebabkan karena pawakannya yang memang gemuk sekali.

Penyakit yang mengambil nyawanya pada akhirnya adalah kanker. Sang presiden wafat pada tanggal 24 Juni 1908 di usia 71 tahun. Ia dimakamkan di tanah kelahirannya di New Jersey. Hingga hari ini, Grover Cleaveland tetap terkenal sebagai salah satu presiden AS yang mencetak berbagai sejarah.

Demikian hal-hal yang harus diketahui tentang sang presiden. Dengan membaca biografi Grover Cleaveland di atas, tentu pengetahuan tentang sejarah AS akan lebih berkembang, terutama pada bagian presiden-presiden yang pernah menjabat di negara adidaya tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *