Hak Anak yang Harus Diberikan Oleh Orangtuanya

Bersiap menikah berarti siap ditambah kewajibannya. Yaa, kewajiban memenuhi hak pasangan dan hak anak. Hak anak tidak boleh terlewatkan. Karena dialah yang nantinya akan merawat orang tuanya ketika menua. Jika anak diberi haknya maka kelak diapun akan memberikan hak orang tua darinya.

Lagi pula jika anak tidak diberi haknya maka dikhawatirkan dia akan mencari apa yang dia butuhkan kepada orang lain. Hal ini justru barbahaya karena dapat menjerumuskannya ke dalam pergaualan yang bebas.

Lalu apa saja hak anak yang perlu diberikan oleh orang tuanya?

Waktu untuk bermain

Anak-anak perlu bermain. Kata sebagian psikolog, jika dia tidak tuntas dalam bermain maka jika dewasa justru dia akan kekanak-kanakan.

Kami faham, kebanyakan orang tua ingin anaknya banyak belajar. Sehingga masa depannya menjadi lebih baik. Tapi itu semua ada waktu dan porsinya. Jangan terlalu memforsir anak.

Hak untuk memperoleh pendidikan

Orang tualah yang bertanggung jawab atas pendidikan anaknya. Minimal sampai dia baligh. Maksimal sampai semampunya. Semakin tinggi pendidikan anak maka dia akan semakin memahami hakikat tugasnya sebagai anak.

Memperoleh perlindungan

Anak-anak perlu merasa aman dari berbagai ancaman. Selama masih anak-anak maka semua kesalahannya ditanggung orang tua.

Hak Untuk Dipenuhi Kebutuhannya Secara Agama

Misalnya jika beragama islam maka hak anak adalah diberi nama yang baik, diaqiqahi, difahamkan tentang agama islam, dan lain sebaginya.

Jasa Aqiqah Jakarta Selatan

Hak Untuk Mendapatkan Status Kebangsaan

Nah, kali ini penting dalam kenegaraan. Oorang tua harus memperhatikan berbagai berkas yang dibutuhkan anak untuk memperoleh status kewarganegaraan. Seperti akta kelahiran, KTP maupun ijazah-ijazah pendidikan.

Hak untuk Mendapatkan Makanan

Anak kecil belum bisa mencari makanannya sendiri. Oleh karena itu dia berhak meminta makanan kepada orang tua. Meskipun dalam suatu kasus orang tua sudah cerai, dan si anak tinggal bersama ibunya. Maka si anak tetap berhak meminta makan kepada sang ayah.

Hak untuk Mendapatkan Akses Kesehatan

Anak-anak lebih rentan terhadap penyakit dari pada orang dewasa. Oleh karenanya, maka orang tua harus lebih memperhatikan urusan kesehatan anaknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *