4 Ide Memanfaatkan Halaman Belakang Rumah

Setiap rumah memang memiliki sisa halamannya sendiri, mengingat setiap rumah memiliki tanah yang berbeda begitupun dalam perumahan meskipun tanahnya sama. Hanya ada beberapa type saja yang sama, hal ini juga akan berpengaruh pada bangunan serta sisa tanah dibelakang rumah yang biasa dijadikan halaman.

Halaman belakang rumah tentu bisa digunakan untuk apa saja, mulai dari taman, kolam dengan tipe kolam ikan atau kolam renang, dan juga konsep terbuka untuk bersantai bersama keluarga. Tambahan lainnya anda bisa mengatur halaman belakang sebagai tempat yang nyaman dan sesuai dengan selera. Berikut ide memanfaatkan halaman belakang untuk rumah anda.

1. Lesehan atau Tempat Duduk

halaman belakang rumah
houzz.com

Halaman belakang cocok untuk anda yang ingin lesehan atau sekedar membuat tempat duduk bersantai bersama keluarga.

Biasanya jika halaman depan hanya untuk garasi karena dibuat terbuka, maka anda tidak bisa memanfaatkan lahan untuk bersantai dan merasa kurang privacy. Selain itu untuk memanfaatkan ide halaman belakang rumah ini anda bisa mencontek berbagai inspirasi.

2. Kolam Ikan

Selanjutnya pemanfaatan halaman belakang yang bisa anda gunakan adalah dengan adanya kolam ikan. Khusus untuk anda yang ingin memelihara hewan namun bukan jenis yang merepotkan dan tidak berisik maka anda bisa merawat ikan. Selain itu kolam ikan yang bersih dan terhias jelas menambah ciri khas dan juga keindahan rumah anda. Dengan memanfaatkan belakang rumah anda bisa membuatnya dengan ukuran yang kecil ataupun besar.

Selain itu kolam ikan cocok untuk anda yang ingin merelaksasikan diri. Suara air dari kolam dan juga suasana halaman belakang yang sangat natural menjadikan kolam ikan seringkali di pilih sebagai tempat untuk mengisi halaman belakang dan tempat untuk bersantai para pemilik rumah.

3. Meja Kopi

ide desain halaman belakang rumah
homestratosphere.com

Jika tadi sudah ada lesehan maka selanjutnya halaman belakang sering dijadikan tempat untuk bersantai dan meminum kopi dengan nikmat. Gunakan kursi khusus taman atau eksterior agar tidak terlalu besar dan makan tempat. Selain itu kursi atau perabotan eksterior biasanya terbuat dari besi, hal ini mempermudah anda ketika cuaca buruk dan perabotan anda terkena hujan atau sebaliknya terkena panas yang menyengat saat siang hari. Jika bukan perabotan eksterior dijamin dalam 1 bulan saja sudah rusak.

Meja kopi ini banyak diterapkan juga di Indonesia, walaupun halaman belakang rumahnya tidak terlalu besar. Apalagi untuk anda yang sisa halaman rumahnya cukup luas, maka anda bisa memanfaatkannya untuk meja dan kursi kopi.

4. Teras

ide halaman belakang rumah
sfgate.com

Memanfaatkan belakang rumah selanjutnya anda bisa membuat dengan jenis teras rumah, biasanya jika di Indonesia dimanfaatkan untuk area duduk-duduk dan bermain karena di dalam rumah merasa bosan. Teras juga lebih direkomendasikan karena adanya penutup pada bagian dekat rumah. Sehingga jika anda duduk di teras tidak akan terkena hujan.

Ide belakang rumah sebenarnya sangat banyak tergantung selera dan masing-masing keinginan pemilik rumah. Selain itu tergantung budget yang disediakan oleh anda. Namun dibuat dalam bentuk apapun jika bisa mengaturnya atau mengarahkannya agar terlihat rapih dan juga bermanfaat.

Karena banyak sekali ruang belakang rumah tidak diatur karena merasa tidak akan terlihat oleh siapapun dan juga tidak bisa digunakan untuk apapun karena ruangan yang sempit. Namun setelah melihat gambar dan penjelasan diatas diharapkan anda tidak lagi bingung bagaimana mengatur halaman belakang rumah anda.

Sumber: Hustopia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *