Jenis Makanan yang Sehat untuk Kehamilan Trimester 3

Kita sama-sama sudah tahu dan sangat mengerti jika makanan yang masuk ke dalam tubuh menjadi hal yang penting bagi tubuh kita sendiri. Setiap makanan yang masuk akan sangat mempengaruhi kinerja sampai fungsi organ yang ada di dalam tubuh. Makanan bahkan bisa disebut sebagai penunjang energi sampai kesehatan tubuh kita.

Nah, untuk itu para pakar kesehatan pun sering mengampanyekan agar kita memperhatikan makanan yang kita konsumsi.

Kita tentunya wajib untuk memperhatikan setiap jenis makanan yang kita masukkan ke dalam tubuh, tidak hanya kebersihan dari makanan yang kita makan tapi juga setiap kandungan yang ada di dalamnya. Memperhatikan dengan baik setiap jenis asupan makanan yang kita konsumsi juga tidak hanya wajib dilakukan bagi Anda yang mengalami masalah kesehatan tapi juga sangat penting bagi Anda yang sehat apalagi bagi Anda yang sedang mengandung buah hati.

Ya, seorang Ibu hamil juga penting untuk memperhatikan makanannya karena seperti yang kita ketahui, kehamilan itu harus memperhatikan banyak hal agar kehamilan bisa berjalan baik dan janin yang ada di dalam kandungan pun dapat tumbuh sehat. Bahkan hal tersebut pun tidak hanya penting di trimester pertama kehamilan tapi juga pada trimester kedua dan trimester ketiga.

Dalam usia kehamilan trimester pertama memang menjadi usia yang penuh dengan segala risiko yang bahkan mengancam janin, namun Anda pun tidak harus berleha-leha setelah melewatinya. Pada kehamilan trimester ketiga akan banyak kondisi yang sangat mengganggu Ibu hamil.

Perutnya yang semakin membesar yang membuatnya sangat sulit bergerak bahkan napasnya merupakan gangguan yang umum terjadi, bahkan tidak sedikit Ibu hamil pun yang mengalami lelah, lesu hingga kehilangan nafsu makan padahal di usia kehamilan ini asupan makanan pun sangat penting untuk mempersiapkan persalinan.

Selain berusaha untuk mengendalikan rasa cemas Anda menjelang persalinan Anda juga wajib untuk memperhatikan jenis makanan yang Anda makan. Makanan sehat selama ini diketahui sebagai asupan makanan terbaik bagi Ibu hamil, namun ada juga makanan pantangan ibu hamil yang tidak bisa Anda konsumsi di usia kehamilan trimester 3 apalagi jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Hal tersebut menjadi saran penting agar Anda bisa mencegah risiko-risiko berbahaya demi persalinan berjalan lancar.

Nah, apa saja jenis makanan sehat untuk kehamilan trimester 3? Berikut ulasannya.

Makanan untuk Mencegah Heartburn

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, ada banyak gangguan yang umum terjadi pada kehamilan. Di usia kehamilan trimester 3 salah satu gangguan yang sering dialami Ibu hamil adalah heartburn. Heartburn merupakan sebuah gangguan yang terjadi pada daerah dada, dimana pada pada daerah dada seperti ulu hati akan muncul sensasi rasa panas seperti terbakar.

Gangguan ini biasanya akan sangat menyiksa, tidak hanya mempengaruhi mood tapi juga bisa membuat Ibu hamil kehilangan nafsu makannya. Namun gangguan ini juga normal terjadi apalagi saat trimester ketiga. Heartburn disebabkan oleh pertumbuhan janin yang semakin besar di usia kehamilan trimester ketiga yang menekan lambung sehingga menyebabkan makanan yang ada di dalamnya terdesak ke arah kerongkongan.

Nah, jenis makanan sehat yang sebaiknya Anda konsumsi adalah makanan yang dapat mencegah heartburn. Beberapa jenis makanan seperti pepaya menjadi jenis makanan yang baik untuk mengatasinya. Kandungan pepaya dipercaya sangat baik untuk pencernaan sehingga dapat mencegah terjadinya peningkatan asam lambung.

Namun, Anda sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi pepaya muda, karena pepaya muda ternyata berbahaya pada kehamilan Anda. Pepaya yang dianjurkan adalah pepaya yang sudah benar-benar matang dan siap dikonsumsi.

Makanan yang Mengandung Omega 3

Asam lemak omega 3 adalah salah satu asupan makanan penting untuk kehamilan. Asam lemak omega 3 menurut para pakar sangat bermanfaat untuk membantu tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Bahkan di usia kehamilan trimester 3 kandungan omega tiga sangat penting untuk mempersiapkan kelahiran.

Makanan yang mengandung asam lemak omega 3 adalah jenis makanan yang sehat untuk kehamilan trimester 3. Untuk itu Anda disarankan untuk mengkonsumsi kembang kol, kedelai, alpukat, telur dan bayam yang memiliki kandungan asam omega yang tinggi.

Makanan yang Mengandung Vitamin D dan K

Mencukupi asupan nutrisi dan vitamin sangat penting bagi Ibu hamil, termasuk disaat usia kehamilannya sudah memasuki trimester ketiga yaitu 7 sampai 9 bulan. Nah, untuk itu para pakar kesehatan dan kehamilan menyarankan agar Anda mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin D dan vitamin K. Selain untuk memenuhi asupan vitamin Anda, dua jenis vitamin tersebut ternyata punya manfaat yang baik pada persalinan.

Menurut sejumlah pakar vitamin D ternyata sangat baik untuk mengurangi rasa sakit saat proses persalinan, sementara vitamin K penting sebagai persiapan setelah persalinan. Untuk itu Anda bisa mengkonsumsi, ikan tuna, ikan salmon, keju, sereal, brokoi, bayam dan lainnya yang merupakan sumber asupan vitamin D dan K.

Susu

Susu juga menjadi salah satu asupan penting di kehamilan trimester 3. Pasalnya susu memiliki kandungn protein yang sangat bermanfaat dalam pembentukan plasenta, cairan ketuban, darah, anti bodi dan juga membantu mengatasi masalah susah tidur.

Nah, untuk itu susu juga menjadi asupan yang sehat untuk kehamilan Anda. Para pakar menyarankan agar setiap Ibu hamil mulai membiasakan minum susu karena kandungan proteinnya sangat bermanfaat di usia kehamilan ini. Selain itu susu juga bisa memenuhi asupan vitamin D dan K karena susu juga mengandung vitamin D dan K yang tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *