4 Larangan Utama Bagi Ibu Hamil

Meraih kehamilan bagi suami istri ibarat sebuah pemberian hadiah yang tidak dapat dinilai dengan apapun. Untuk itulah sudah sepantasnya bersyukur atas kehamilan yang Anda peroleh bersama pasangan bahkan sewajibnya Anda benar-benar menjaga dan merawat kehamilan Anda agar buah hati yang ada di dalam kandungan pun dapat tumbuh dengan optimal. Karena banyak pasangan suami istri diluar sana yang tidak seberuntung Anda.

Berbicara mengenai menjaga dan merawat kehamilan maka kita tentunya tidak dapat melepaskan perhatian mengenai hal-hal yang bersifat larangan bagi Ibu hamil. Seorang Ibu hamil memang tidak bisa bergerak bebas seperti sebelumnya bahkan ada banyak larangan yang sama sekali tidak boleh dilakukan Ibu hamil.

Pasalnya, hal-hal tersebut memiliki risiko berbahaya yang dapat menyebabkan masalah pada tubuh Anda dan khususnya pada janin yang ada di dalam kandungan Anda. Apa saja larangan utama bagi Ibu hamil? Berikut 4 diantaranya.

Makanan

Makanan yang dikonsumsi oleh Ibu hamil menjadi hal yang sangat penting, pasalnya dari makanan inilah Ibu hamil dapat memenuhi kebutuhan energi dan memenuhi asupan yang dibutuhkan dalam tumbuh kembang janin yang ada di dalam kandungan Anda. Namun saat hamil bukan berarti Anda bisa mengkonsumsi semua jenis makanan. Ya, ada beberapa kriteria makanan yang sangat dilarang bagi Ibu hamil.

  • Makanan Mentah

Makanan mentah merupakan makanan yang sangat dilarang untuk Anda konsumsi. Makanan mentah seperti sushi, lalapan sampai makanan yang hanya dimasak setengah matang wajib untuk tidak Anda konsumsi. Makanan mentah ataupun setengah matang sangat rentan dengan bakteri sampai virus berbahaya yang dapat menyebabkan kehamilan ektopik, gangguan pada pertumbuhan janin sampai keguguran.

  • Makanan yang Mengandung Bahan Pengawet

Selain makanan mentah, Anda juga sangat dilarang untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan pengawet. Bahan pengawet merupakan zat kimia berbahaya yang bisa menyebabkan gangguan pada pertumbuhan  janin sampai bisa berakibat fatal pada janin. Mulai dari risiko keguguran sampai bayi lahir cacat.

  • Makanan yang Terlalu Asin

Makanan yang terlalu asin atau makanan yang mengandung kadar garam yang tinggi juga sangat terlarang bagi Ibu hamil. Kandungan garam yang tinggi bisa menyebabkan gangguan pada ginjal, mengganggu penyerapan nutrisi janin sampai tekanan darah tinggi.

  • Makanan yang Mengandung Merkuri

Merkuri adalah zat kimi berbahaya, maka dari itu makanan yang memiliki kandungan merkuri adalah makanan yang sangat terlarang bagi Ibu hamil karena dapat menyebabkan berbagai risiko pada janin dan Ibu hamil sendiri.

Aktivitas Sehari-Hari

Aktivitas keseharian Ibu hamil pun tidak terlepas dari sejumlah larangan yang tidak boleh dilakukan. Karena aktivitas keseharian Anda pun bisa menyebabkan masalah yang berbahaya bagi Anda dan juga janin.

  • Larangan saat Berkendara

Kehamilan memang tidak harus menjadi kendala bagi Anda untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Namun disini Anda dituntut untuk lebih bijak. Ibu hamil sebenarnya tidak dilarang untuk berkendara atau mengendarai kendaraan tapi para pakar menyarankan agar Anda tidak berkendara dalam waktu yang lama. Apalagi jika Anda harus naik motor. Selain kelelahan ada banyak risiko fatal yang mungkin terjadi saat Anda berkendara.

  • Penggunaan Obat Anti Nyamuk

Para pakar sepakat agar bagi Ibu hamil salah satu larangan penting yang sangat disarankan untuk diikuti adalah tidak menggunakan obat anti nyamuk dalam bentuk apapun. Pasalnya obat anti-nyamuk juga memiliki kandungan zat kimia berbahaya yang dapat masuk ke tubuh melalui udara atau bahkan kulit Anda.

Gaya Hidup

Harus Anda sadari, saat Anda hamil semua hal yang Anda lakukan mulai dari makanan, aktivitas sampai gaya hidup itu punya risiko-risiko tertentu yang membahayakan kehamilan Anda. Pastinya Anda ingin tetap tampil cantik saat hamil, namun Anda pun harus ingat jika sekarang ini Anda sedang mengandung buah hati Anda.

  • Tidak Boleh Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Tidak hamil pun sepatu hak tinggi punya risiko berbahaya bagi kesehatan tubuh termasuk kaki apalagi bagi Ibu hamil. Ya, sepatu hak tinggi adalah salah satu larangan yang wajib Anda lakukan, pasalnya sepatu hak tinggi dapat menyebabkan rasa sakit pada kaki, kelelahan sampai kontraksi otot yang bisa berakibat keguguran.

  • Larangan untuk Menggunakan Pakaian Ketat

Pakaian ketat sangat tidak disarankan bagi Ibu hamil, karena memakai pakaian ketat dapat menghambat asupan nutrisi dan oksigen pada janin akibat tekanan pada tubuh dan perut Anda.

  • Merokok dan Minum Alkohol

Rokok dan alkohol sudah lama kita kenal sebagai kebiasaan buruk yang dapat membahayakan janin. Jika Anda punya kebiasaan seperti ini mulai sekarang hentikan itu semua!

  • Perawatan Tubuh

Seperti yang saya sebutkan di atas Anda pastinya ingin tetap tampil cantik dan salah satu cara untuk mendapatkan itu adalah dengan melakukan perawatan tubuh. Tapi menurut sejumlah pakar ada beberapa jenis perawatan tubuh yang dilarang bagi Ibu hamil. Sauna, perawatan dengan kosmetik berbahan kimi sampai pengobatan alternatif adalah larangan utama bagi Ibu hamil.

  • Stres dan Depresi

Ya, Ibu hamil sangat dilarang untuk mengalami tekanan mental, seperti stres bahkan depresi. Anda harus berusaha untuk tetap bahagia karena stres dan depresi bisa membahayakan pertumbuhan janin bahkan mengancam keselamatan janin yang ada di dalam kandungan.

Pengobatan

Salah satu larangan yang paling utama dalam kehamilan adalah memperhatikan obat-obatan sampai metode pengobatan yang Anda jalani jika Anda terserang penyakit saat hamil. Tidak boleh mengkonsumsi obat sembarangan, dilarang keras untuk menjalani pemeriksaan x-ray, kemoterapi bahkan radioterapi. Pasalnya semua itu sangat berbahaya pada janin yang ada di dalam kandungan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *