Berbagai Macam Alat Kerja pada Perusahaan Konveksi Kaos yang Harus Kamu Ketahui

Dalam usaha konveksi kaos tentu saja membutuhkan berbagai jenis peralatan agar usaha dapat berjalan dengan lancar. Berbagai macam alat kerja pada perusahaan konveksi kaos harus dipersiapkan sebelum memulai usaha.

Sebelum mempersiapkan apa saja alat yang harus dimiliki ketika akan membuka jasa sablon kaos, kamu harus tahu dulu apa saja alat-alat tersebut, dan bagaimana kegunaannya untuk membantu usaha konveksi.

Berikut ini akan dibahas beberapa alat yang dibutuhkan dalam usaha konveksi beserta dengan fungsinya. Mari simak bersama

Mesin Jahit Obras

Image Source: teksnologi.com

Mesin jahit obras wajib dimiliki oleh kamu yang ingin membuka usaha konveksi kaos. Mesin jahit biasa akan meninggalkan sisa kain yang tidak rapi sehingga dibutuhkan mesin jahit obras untuk merapikannya.

Fungsi utama dari mesin jahit obras adalah menutup semua lipatan kaos hasil dari pemotongan yang tidak rapi. Sehingga semua sisi dari kaos akan rapi dan tidak ada potongan yang berantakan.

Ada beberapa jenis mesin jahit obras yang bisa dipilih, kamu bisa menyesuaikannya dengan budget yang dimiliki. Jenis yang bisa dipilih diantaranya adalah mesin obras benang enam, benang lima, benang empat, dan benang tiga.

Mesin Jahit Lubang Kancing

Ada beberapa jenis kaos favorit masyarakat yang juga memiliki kancing, misalnya kaos jenis polo. Sehingga mesin jahit lubang kancing juga dibutuhkan untuk memulai usaha konveksi kaos.

Mesin ini cukup mahal karena memiliki fungsi yang spesifik yaitu khusus untuk membuat lubang kancing. Untuk kamu yang memiliki budget pas-pasan bisa menunda membeli mesin ini karena memang jarang digunakan. Kamu bisa membelinya setelah usaha maju atau banyak yang memesan kaos berkancing.

Mesin Pemasang Kancing

Memasang kancing secara manual akan sangat memakan waktu, karena harus dipasang satu persatu. Dengan bantuan mesin pemasang kancing, kaos di usaha konveksimu akan lebih cepat selesai.

Sama dengan mesin jahit lubang kancing, mesin satu ini juga cukup jarang digunakan dan memiliki harga yang lumayan mahal. Namun jika modal yang dimiliki besar, membeli mesin pemasang kancing akan menghemat waktu pengerjaan kaos terutama kaos berjenis polo.

Mesin Pemotong Listrik

Pemotongan bahan sangat diperlukan dan menjadi tahapan pertama dalam pembuatan kaos. Sehingga mesin pemotong listrik tidak bisa dilupakan ketika akan membuat usaha konveksi.

Mesin ini berfungsi untuk memotong satu bahan besar menjadi potongan-potongan bahan kecil sesuai desain kaos.  Mesin pemotong juga dapat memotong kain dengan bentuk lingkaran karena memiliki pisau yang mampu memotong secara melingkar.

Setrika Penguap Listrik

Berbagai macam alat kerja pada perusahaan konveksi kaos selanjutnya yang harus disiapkan adalah setrika penguap listrik. Setrika ini berguna untuk menghaluskan dan merapikan kaos yang telah selesai dibuat.

Kondisi kaos yang akan dipasarkan harus halus dan rapi agar pelanggan tidak merasa kecewa dengan usaha konveksimu. Jenis setrika yang banyak digunakan adalah setrika uap bertenaga listrik.

Mesin Jahit High Speed

Mesin jahit berkecepatan tinggi sangat dibutuhkan terutama untuk perusahaan konveksi kaos yang memiliki jumlah pesanan banyak. Pilih mesin yang memiliki kecepatan tinggi namun kualitas yang dihasilkan tetap bagus.

Mesin yang memiliki kecepatan jahitan hingga 5000 jahitan dalam waktu 10 menit adalah mesin yang bagus untuk dipilih. Semakin cepat mesin dalam melakukan jahitan tentu saja akan semakin baik.

Itulah berbagai macam alat kerja pada perusahaan konveksi kaos yang perlu kamu ketahui sebelum memulai usaha konveksi kaos. Mempersiapkan peralatan dengan baik sebelum memulai usaha akan membantu usaha menjadi lebih lancar sehingga cepat berkembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *