Susah Dapat Kerja? Coba Tips Ini!

Melamar kerja ialah fase yang selalu dilalui oleh lulusan baru. Terkadang menjadi sesuatu yang menegangkan bagi sebagian orang. Sebab di era industri 4.0 ini kesempatan pekerjaan menjadi makin kecil. Adanya teknologi digital dan auto robotik yang mampu mengambil pekerjaan manusia menjadi salah satu faktor penyebabnya.

Para lulusan baru juga kudu berkompetisi dengan pemain lama yang telah memiliki banyak pengalaman sebelumnya. Seperti kita tahu, bahwa kebanyakan perusahaan lebih menerima SDM lama dari fresh graduate.

Maka fresh graduate di dunia kerja harus pandai meyakinkan perusahaan supaya mau menerima. Kemudian bagaimana tipsnya supaya lulusan baru dapat diterima oleh perusahaan besar?

1. Pertama, kenalilah perusahaan yang ingin kamu lamar. Seringkali kata-kata “saya ingin kerja apa saja” menjadikan dirinya nggak mau tau perusahaan apa yang ia lamar. Padahal, memahami berbagai hal mengenai suatu perusahaan jadi nilai plus bagi mereka untuk memilih Anda.

Bisa saja di suatu interview pihak HRD bertanya “apa yang dapat Anda perbuat dan berikan untuk perusahaan ini?” orang yang tahu tentang perusahaan tersebut akan memberi jawaban yang sejalan dengan misi perusahaan tersebut, atau setidaknya hal yang selama ini jadi tujuan perusahaan.

Dengan mengetahui latar belakang perusahaan Anda juga bisa menyusun curriculum vitae yang sesuai dengan mereka.

2. Kedua yaitu surat lamaran kerja yang menarik. Tulislah surat lamaran kerja yang benar-benar seperti surat itu hanya dibuat khusus untuk perusahaan itu. Tampilkan apa pun yang membuat perusahaan dapat memilihmu. Tidak perlu berbeli-belit, pendek saja tetapi mengena.

Jangan menulis surat lamaran kerja yang asal-asalan, datanya sangat biasa, dan dipakai untuk melamar banyak perusahaan berbeda. Karena sebaiknya memang satu surat lamaran dikirimkan untuk melamar satu perusahaan.

3. Perhatikan jejak digital Anda di facebook atau website pribadi. Di zaman modern ini pihak perusahaan dapat menelusuri jejak digital Anda. Karena jejak digital mencerminkan sikap seseorang. Apa yang Anda share, komen, apa pandangan politik Anda, bagaimana Anda berargumen, semuanya dapat menjadi kesimpulan diri Anda. Sehingga sangat direkomendasikan untuk menggunakan internet secara bijaksana.

4. Mengasah keahlian bahasa Internasional
Sebab keahlian bahasa Inggris ini masih menjadi penilaian penting semua perusahaan. Anda bisa belajar dengan berbagai cara, seperti kursus, mencatat kosa-kosa kata penting atau streaming video youtube.

5. Tampakkan sisi khas Anda yang positif sehingga terlihat menonjol. Karena di tingkat penyeringan tertentu, perusahaan akan susah menentukan. Setiap peserta memiliki kapasitas dan kredibilitas yang sama. Maka mungkin Anda bisa dipilih sebab menonjol di bagian tertentu. Contohnya Anda seorang yang ceria dan bersemangat. Maka tampakkan dengan cara menjawab pertanyaan dengan penuh energi, serta wajah yang berseri-seri. Selalu tersenyum walaupun pewawancara bersikap dingin.

6. Terlihat tenang dan confident saat interview. Hal tersebut akan membantu Anda memperoleh nilai yang tinggi di mata penginterview. Tampil tenang dan percaya diri dapat dilatih dengan sering bergaul dengan berbagai macam orang, sering baca buku, memperluas pengetahuan dan mengikuti trend serta isu-isu terkini.

Ketahuilah bahwa pewawancara ialah manusia biasa. Dia juga pernah merasakan wawancara pertama di awal masa kerjanya. Yakinkan diri Anda, bahwa Anda merupakan calon karyawan yang lebih pantas dari pada peserta lain.

Apabila 6 cara di atas sudah dilakukan, maka kemungkinan besar Anda dapat diterima kerja. Jangan lupa berdoa kepada Allah semoga diberi pekerjaan. Semua orang memiliki potensi kesalahan. Sudah dipersiapkan dengan sungguh-sungguh saja terkadang masih banyak kesalahan. Apalagi kalau tanpa prepare.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *